UMP Jadi Kampus Unggulan bagi Mahasiswa Asing Penerima Beasiswa KNB

- 15 Mei 2024, 17:54 WIB
Kemendikbud Ristek menggelar visitasi lapangan di UMP sebagai perguruan tinggi bagi mahasiswa asing penerima Beasiswa KNB.
Kemendikbud Ristek menggelar visitasi lapangan di UMP sebagai perguruan tinggi bagi mahasiswa asing penerima Beasiswa KNB. /HUMAS UMP

LENSA BANYUMAS - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menggelar visitasi lapangan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) guna meninjau kesiapan universitas tersebut sebagai salah satu pilihan perguruan tinggi bagi para mahasiswa asing penerima Beasiswa KNB (Kemitraan Negara Berkembang).

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, menjelaskan, bahwa UMP telah berupaya maksimal dalam menanggapi kebutuhan mahasiswa asing tersebut dengan menyediakan program adaptasi bahasa, asrama, klinik pratama, dan fasilitas lainnya.

"Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa asing yang menjadi bagian dari komunitas akademik UMP. Kami telah menyiapkan berbagai fasilitas dan layanan agar mereka dapat menempuh pendidikan dengan nyaman dan lancar di lingkungan kami," ungkapnya.

Selain memberikan manfaat bagi mahasiswa asing, program Beasiswa KNB juga memberikan kebermanfaatan bagi UMP dalam rangka internasionalisasi. UMP telah berupaya keras untuk memenuhi standar yang ditetapkan dalam program tersebut.

Baca Juga: Komitmen Internasional, Mahasiswa UMP Magang di EDESS Malaysia

Perwakilan dari Direktorat Kelembagaan Kemendikbud Ristek, AA. Sodikin, menyatakan dukungan penuh terhadap UMP sebagai pengelola program Beasiswa KNB.

"Kami melihat kesiapan dan kesediaan UMP dalam mengelola program ini. Proposal-proposal yang disampaikan oleh UMP telah kami tinjau, dan kami melihat bahwa UMP telah memenuhi sebagian besar persyaratan yang ada dalam program ini," ujar Sodikin.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan upaya bersama antara UMP dan Kemendikbud Ristek, diharapkan program Beasiswa KNB dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang optimal bagi kedua belah pihak.

"Hal ini juga menjadi langkah positif dalam memperkuat hubungan kerjasama antarlembaga pendidikan dan pemerintah," pungkasnya. ***

Editor: A Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini