Luar Biasa, 4,1 Juta UMKM Telah Onboarding Digitali, Ini Kata Menparekraf Sandiaga Uno

- 3 Maret 2021, 14:52 WIB
Sandiaga Uno memakai kain tenun khas NTB di pembukaan KKI Lombok.
Sandiaga Uno memakai kain tenun khas NTB di pembukaan KKI Lombok. /tangkapan layan video@sandiuno

LENSA BANYUMAS - Dunia digital terbukti mampu mendongkrak pemasaran produk UMKM di Indonesia, wajar adanya jika jutaan UMKM saat ini telah memilih onboarding digital.

Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut, data per Januari 2021 sudah ada 4,1 juta UMKM yang telah onboarding ke digital.

Onboarding atau pemasaran digital melalui berbagai platform digital ini katanya naik dua kali lipat dari yang ditargetkan semula yakni hanya sekitar 2 juta UMKM saja.

Baca Juga: Pujian Sandiaga Uno Untuk Sepeda Motor Listrik 'Si Gesit', Ini Sedikit Spesifikasinya

"Namun, onboarding digitalisasi saja belumlah cukup. Tantangan berikutnya adalah bagaimana bisa membantu UMKM dan pelaku ekonomi kreatif Indonesia meningkatkan nilai transaksi," tegas Sandiaga.

Termasuk menurutnya, bagaimana meningkatkan nilai kelas dan keberadaan UMKM itu mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Lebih lanjut, kenaikan jumlah UKM yang menggunakan pemasaran platform digital ini menjadi bukti adanya Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan pada 2020 lalu. 

"Terbukti gerakan tersebut berhasil membantu UMKM untuk bangkit," jelasnya Sandi lewat cuitan akun pribadi twitternya @sandiuno.

Ia mengatakan hal ini setelah Rabu, 3 Maret 2021 pagi membuka peluncuran KKI (Karya Kreatif Indonesia) 2021 untuk Sesi 1.

Halaman:

Editor: Ady Purwadi

Sumber: Twitter@sandiuno


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x