Dongkrak Pemasaran Produk UMKM Desa Bangsa Banyumas, Mahasiswa UNDIP Ini Bagikan Ilmu Pemasaran

- 29 Juli 2021, 23:38 WIB
Mahasiswa UNDIP Lissa Damayanti membagikan ilmu pemasaran produk UMKM di Desa Bangsa, Banyumas.
Mahasiswa UNDIP Lissa Damayanti membagikan ilmu pemasaran produk UMKM di Desa Bangsa, Banyumas. /Lissa Damayanti



LENSA BANYUMAS - Masa PPKM membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas tak ubahnya para pelaku UMKM. Pembatasan ini berdampak pada pendapatan UMKM yang menurun.

Apalagi UMKM yang pemasarannya hanya disekitar tempat usaha mereka. Hal tersebut yang dirasakan oleh sejumlah pelaku UMKM di Desa Bangsa, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas.

Pemasaran produk mereka yang masih terbatas hanya sekitaran desa dan kecamatan tidak mampu mendongkrak pendapatan.

Kendati memerankan teknologi medsos seperti WhatsApp dan Facebook untuk mengoptimalkan pemasaran, tapi belum juga membuahkan hasil menggembirakan.

Baca Juga: Mau Tahu Sumedang ? Di Jatilawang Banyumas Juga Ada yang Produksi

Hal ini yang menjadi perhatian seorang mahasiswa Lissa Damayanti yang sedang melaksanakan KKN Tim 2 Universitas Diponegoro Tahun 2021.

Dalam bimbingan oleh Dosen KKN Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto,ST., M.Eng, permasalahan ini kemudian ia diskusi dengan Ketua UMKM Desa Bangsa, Leli yang sebelumnya sudah disetujui oleh perangkat desa setempat.

Diskusi untuk membuat program bimbingan pemasaran yang dilakukan secara online melalui WhatsApp.
Program dilakukan secara online karena sedang berlaku kebijakan PPKM dan surat edaran dari universitas untuk melakukan KKN secara daring di masa PPKM ini.

"Nantinya melalui program ini UMKM yang menjadi bimbingan akan mendapatkan materi pemasaran, buku panduan strategi pemasaran, dan diskusi permasalahan yang sedang dihadapi untuk kemudian diberi solusi secara langsung melalui personal chat, telefon, maupun video call WhatsApp. Usulan program ini disetujui oleh dosen KKN," kata Lissa Damayanti.

Untuk persiapan pelaksanaan program, berikut beberapa hal yang dilakukan oleh Lissa :

Halaman:

Editor: Ady Purwadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x