Pokdakan Banyu Urip Sasaran Edukasi Mahasiswa KKN UNDIP, Tingkatkan Pendapatan di Masa PPKM Pakai Cara ini

- 3 Agustus 2021, 07:00 WIB
Salah seorang anggota Pokdakan Banyu Urip Desa Grecol Purbalingga dalam edukasi inovasi marketing digital dari Mahasiswa KKN UNDIP Reza Wirianto.
Salah seorang anggota Pokdakan Banyu Urip Desa Grecol Purbalingga dalam edukasi inovasi marketing digital dari Mahasiswa KKN UNDIP Reza Wirianto. /Reza Wirianto/

LENSA BANYUMAS - Masa PPKM membuat banyak orang harus membatasi kegiatannya guna mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Pembatasan ini membuat banyak pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan, apalagi UMKM yang hanya menjual barang mentah dan memasarkannya di pasar lokal.

Seperti yang dialami kelompok UMKM di Desa Grecol Kabupaten Purbalingga yaitu Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Banyu Urip.

Terkait dengan hal ini, Mahasiswa KKN UNDIP Reza Wirianto yang Dibantu oleh Dosen Pembimbing KKN Dr.rer.nat.Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng melakukan kegiatan edukasi tentang pentingnya inovasi produk dan pemasaran digital.

Baca Juga: Dongkrak Pemasaran Produk UMKM Desa Bangsa Banyumas, Mahasiswa UNDIP Ini Bagikan Ilmu Pemasaran

Pendampingan dalam edukasi ini cukup penting untuk pengembangan bisnis pada masa pandemi Covid-19 yang perlu diterapkan kepada Pokdakan Banyu Urip Desa Grecol.

"Setelah mendapat persetujuan dari Dosen KKN dan perangkat desa serta pihak Pokdakan sendiri, kegiatan mulai dilaksanakan," tutur Reza Wirianto.

Kegiatan edukasi dipersiapkan dengan membuat video tutorial pembuatan salah satu inovasi produk olahan ikan lele.

Selanjutnya, membuat modul bacaan tentang pentingnya inovasi produk dan pemasaran digital dengan referensi dari berbagai jurnal, artikel, dan materi dari mata kuliah ekonomi kewirausahaan yang telah didapatkan saat perkuliahan.

Halaman:

Editor: Ady Purwadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x