Kelompok Masyarakat Gelar Aksi Bersama Bersih Pantai Lekok, Pemkab Pasuruan: Pentingnya Kebersihan Lingkungan

- 24 Desember 2021, 12:57 WIB
Kegiatan aksi bersama membersihkan pantai Lekok dalam rangka hari jadi KabupatenPasuruan ke-1092, dari 13 hingga 22 Desember 2021. / Istimewa
Kegiatan aksi bersama membersihkan pantai Lekok dalam rangka hari jadi KabupatenPasuruan ke-1092, dari 13 hingga 22 Desember 2021. / Istimewa /

LENSA BANYUMAS - Pemkab Pasuruan mengapresiasi inisiatif Badan Usaha Milik Desa Bersama (BumDesma) Lekok Asri, kelompok masyarakat dan project STOP yang mengadakan kegiatan aksi bersama membersihkan Pantai Lekok, Kecamatan Lekok, Jatirejo yang dimulai sejak 13 hingga 22 Desember 2021.

Asisten 1 Sekda Kabupaten Pasuruan Rachmad Syarifuddin mengatakan hal itu saat menutup kegiatan aksi bersih pantai Lekok, hari Rabu 22 Desember 2021.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif ini sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan, serta sebagai bentuk dukungan terhadap sistem pengelolaan sampah yang saat ini sudah tersedia di Kecamatan Lekok dengan melibatkan kerja sama lintas sektor,” kata Rachmad Syarifuddin dalam rilis hari Jumat 24 Desember 2021.

Baca Juga: Shopee Rayakan 12.12 Birthday Sale, Peningkatan Kunjungan 6 Kali Lipat pada 12 Desember

Kegiatan yang diadakan itu sekaligus dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1092, dengan mengusung tema Laut Bersih, Hasil Melimpah dan Sehat Terjamin.

Inisiatif tersebut dilakukan untuk mengingatkan warga setempat bahwa laut merupakan sumber kehidupan, menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan dan menangani sampah di wilayah pesisir, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih bagi kesehatan dan perekonomian.

“Sejak tahun 2020, Project STOP di Kabupaten Pasuruan telah menyediakan layanan persampahan bagi lebih dari 113.000 masyarakat di Kecamatan Lekok dan Nguling, dengan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Dinas Lingkungan Hidup, maupun dinas terkait, serta menggandeng pihak swasta untuk bekerja sama mengatasi permasalahan pengelolaan sampah,” ungkap Program Manajer Project STOP Pasuruan, Lintong Manik.

 

Aksi Bersih Pantai Lekok dihadiri oleh 313 relawan, yang terdiri dari unsur pemerintah kabupaten dan kecamatan, termasuk Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Desa setempat, PKK, kelompok masyarakat, kelompok nelayan, dan pelajar.

Halaman:

Editor: Rama Prasetyo Winoto

Sumber: Pemkab Pasuruan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x