Koperasi-koperasi di Banyumas Disebut Masih Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

- 15 Juli 2020, 22:31 WIB
Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono saat Tasyakuran Hari Ulang Tahun Ke-73 Koperasi Nasional di Aula Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas. Foto : Antara
Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono saat Tasyakuran Hari Ulang Tahun Ke-73 Koperasi Nasional di Aula Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas. Foto : Antara /

Lensa Banyumas- Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinnakerkop UKM) Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono menyebutkan koperasi-koperasi di Banyumas masih bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas mencatat di Banyumas ada lebih dari 1.000 unit koperasi seperti koperasi tani, koperasi usaha, dan koperasi kelompok-kelompok tertentu.

"Sampai sekarang, koperasi-koperasi yang mempunyai kegiatan usaha seperti KUD (Koperasi Unit Desa) masih mampu bertahan (di tengah pandemi Covid-19) karena tidak ada PHK, tidak ada pengurangan tenaga kerja, hanya memang dia mengalami kendala pada distribusi bahan pokoknya saja," katanya.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Akibatkan Sektor Pariwisata di Malaysia Rugi Ratusan Triliun

Baca Juga: Awas!!! Pemalsuan Identitas Penerima Program Kartu Prakerja Bisa Disanksi Pidana

Dalam hal ini, kata dia, koperasi dapat bertahan karena bisa menyesuaikan kondisi yang ada dan tidak tergantung dengan barang-barang impor. "Semuanya lokal, tinggal bagaimana dia berkreasi saja," jelasnya dikutip lensabanyumas.com dari Antara.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mendorong koperasi maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, untuk melakukan ekspor secara langsung.

"Koperasi serta UMKM itu termasuk salah satu kegiatan ekonomi yang masih bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 meskipun mulai terkena dampak," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Baca Juga: Tingkatkan Penyebarluasan Informasi Gempa dan Tsunami, BMKG Pasang 16 Alat Teknologi Baru

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Rohman

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x