Ini nih Brosur Naik Haji di Cilacap Pas Jaman Belanda

- 30 Maret 2021, 23:40 WIB
Brosur ibadah haji tahun 1888 jaman Belanda
Brosur ibadah haji tahun 1888 jaman Belanda /Sumber foto :Facebook/Zaenal Arifin/

LENSA BANYUMAS - Sebuah koran atau lebih tepatnya brosur memuat Jadwal keberangkatn ibadah hadji pada tahun 1888 dengan Biyaya (Ongkos) 95 Gulden.Biro perjalanan haji tersebut menawarkan sebuah kapal Belanda bernama Voorwaarts dengan bobot 2.802 ton.

Uniknya, kapal ini khusus untuk perjalanan ke Mekkah dan tidak ada penumpang untuk tujuan lainnya.

brosur halaman dua
brosur halaman dua

Penawaran perjalanan tersebut juga disebutkan jadwal keberangkatannya, yang dalam selebaran tersebut, berangkat dari Cilacap tanggal 4 April 1888 atau 22 Rajab 1305.

Baca Juga: Santer Beredar, Raja Salman Resmi Membuka Haji 2021,Kemenag Cek Kebenaran Informasinya

Dikutip Lensa Banyumas dari akun Facebook Zaenal Arifin dalam grup Foto Tempo doeloe kita semua, perjalanan dari Cilacap terus berjalan menjemput jamaah haji di tiap pelabuhan di kota Banyuwangi, Besuki, Probolinggo, Surabaya, Semarang, Pekalongan, Tegal, Cirebon, Indramayu, Betawi/ Jakarta, dan Padang .

Brosur halaman tiga
Brosur halaman tiga

Pada jadwal tersebut masing-masing kota memiliki jadwal tanggal yang sudah ditentukan. Terhitung sekitar 23 hari dari Cilacap menuju Padang untuk bersiap bertolak ke Jeddah.

Baca Juga: Menag Minta Penyelenggaraan Haji Dipersiapkan Secara Detail

Selanjutnya perjalanan dari Padang ke Jeddah diperkirakan akan memakan waktu sekitar 21 hari, dan sampai Jeddah adalah tanggal 18 Mei 1888, sehingga perjalanan dari Cilacap ke Jeddah adalah sekitar 44 hari.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: Facebook/Zaenal Arifin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X