Kabar Terbaru, Vaksinasi Booster untuk Lansia Sekarang Intervalnya 3 Bulan

- 22 Februari 2022, 20:10 WIB
Vaksin booster untuk lansia sekarang intervalnya minimal 3 bulan.
Vaksin booster untuk lansia sekarang intervalnya minimal 3 bulan. /Hanief Syailendra/

LENSA BANYUMAS - Jika sebelumnya untuk bisa mendapatkan vaksinasi booster, kelompok lansia harus menunggu selama 6 bulan dari dosis lengkap diterima, kini ada aturan baru.

Kementerian Kesehatan menerbitkan ketentuan baru yang mengatur interval waktu vaksinasi booster bagi kelompok lansia bisa diberikan minimal 3 bulan setelah menerima vaksinasi dosis lengkap.

Kabar terbaru dari aturan baru ini tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor SR.02.06/II/ 1123 /2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) bagi Lansia.

Baca Juga: Cek Fakta: Vaksin Booster Berbayar, Ini Kata Kemenkominfo

Surat edaran ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Nomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) tanggal 12 Januari 2022.

Disamping sebagai hasil rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional No ITAGI/SR/5/2022 yang dikeluarkan pada tanggal 21 Februari 2022.

Dikutip dari laman sehatnegeriku.kemenkes.go,id, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi menyebut vaksinasi booster lansia akan menyesuaikan ketersediaan.

Artinya, bisa secara homolog dan heterolog dengan bergantung ketersediaan vaksin di masing-masing daerah.

Pada prinsipnya menurut dia, seluruh jenis vaksin yang telah mendapatkan EUA dari BPOM serta rekomendasi dari ITAGI bisa digunakan untuk percepatan vaksinasi booster lansia.

Halaman:

Editor: Ady Purwadi


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x