Pandemi Corona Diindikasikan Berdampak pada Adanya Pengguna Kontrasepsi 'Drop Out'

- 30 Juni 2020, 21:20 WIB
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Erna Sulistyawati Achmad Husein meninjau kegiatan KB serentak di RS Medika Lestari Kemranjen Senin (29/06/2020)/Foto: humasBms
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Erna Sulistyawati Achmad Husein meninjau kegiatan KB serentak di RS Medika Lestari Kemranjen Senin (29/06/2020)/Foto: humasBms /

Lensa Banyumas- Bupati Banyumas Ir Achmad Husein menyebutkan dampak pandemi corona tidak hanya berimbas pada masalah kesehatan saja, namun telah merambah pada hampir semua sektor kehidupan.

Termasuk, berdampak pada pelaksanaan program keluarga berencana (KB). Diindikasikan pada saat pandemi ini ada pengguna kontrasepsi yang drop out (akseptor menghentikan kontrasepsi lebih dari tiga bulan-red) karena ada ketakutan dalam pelayanan KB.

Karenanya, untuk mendukung pelayanan satu juta akseptor dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 Tahun 2020 tingkat nasional, Pemerintah Kabupaten Banyumas melakukan pencanangan gerakan KB serentak di Pendapa Sipanji Purwokerto, Senin 29 Juni 2020.

Baca Juga: Penting Jaga Kesehatan Mental Anak saat Pandemi Corona, Ini Penjelasan Psikolog

Baca Juga: Ratusan Komentar Warganet Banjiri Postingan Bupati Banyumas terkait Imbauan Bersepeda

Husein membeberkan, dalam peringatan Harganas ke-27 Tahun 2020, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas berhasil menangani pelayanan KB serentak kepada 5.732 akseptor.

Peringatan Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

“Oleh karena itu, pelayanan KB serentak ini menjadi strategis karena dapat meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas, meningkatkan komitmen pemerintah pusat, daerah serta mitra kerja tentang program keluarga berencana," harapnya.

Baca Juga: Produser Musik Wonosobo dan Komposer Eka Gustiwana Garap 'Bunyi Sembunyi' Sentuhan Jemblung Banyumas

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Rohman


Tags

Artikel Pilihan

Terkini