Tukang Kendang Jaranan Pro Ini, Gunakan Aplikasi RealDrum untuk Pertunjukan Kuda Kepang

- 29 Januari 2022, 16:45 WIB
Tangkapan layar tukang kendang jaranan yang sedang mengisi musik pengiring seni kuda kepang dengan aplikasi Android RealDrum
Tangkapan layar tukang kendang jaranan yang sedang mengisi musik pengiring seni kuda kepang dengan aplikasi Android RealDrum /Lensa Banyumas/Instagram/

LENSA BANYUMAS - Kemajuan teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali dalam hal bermusik. Sebuah video pendek yang diunggah akun Instagram @dagelan, merekam seorang tukang kendang jaranan yang memainkan instrumen berbasis aplikasi Android.

Tukang kendang jaranan yang tidak diketahui secara pasti berasal dari daerah mana itu, terlihat mengisi musik pengiring seni kuda kepang tanpa kendang asli melainkan hanya menggunakan aplikasi kendang berbasis Android.

Seperti diketahui, kendang merupakan instrumen penting dalam gamelan, termasuk jaranan atau seni kuda kepang yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu.

Baca Juga: Joget Koplo Mendung Tanpo Udan NCT Tembus 17,5 M View di IG Reels

Ada beberapa jenis kendang yang digunakan, meliputi kendang kecil yang biasa disebut ketipung, serta kendang menengah disebut kendang ciblon atau kebar.

Kendang, kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan profesional yang sudah lama menyelami budaya Jawa. Kendang juga biasanya dimainkan sesuai naluri tukang kendang jaranan, sehingga bila dimainkan oleh satu orang dengan orang lain maka akan berbeda nuansanya.

Video pendek tersebut, menuai banyak komentar warganet. Bahkan saking kagumnya, ada warganet yang menelusuri aplikasi apa yang digunakan tukang kendang jaranan itu. Setelah ditelusuri, ternyata aplikasi yang digunakan oleh bapak tersebut bernama RealDrum.

Baca Juga: 7 Mitos Smartphone Yang Wajib Diketahui, Nomor 5 Penting Bagi Yang Suka Main Game

Mengetahui hal ini, banyak netizen yang mengungkapkan kekagumannya pada tukang kendang jaranan pro tersebut di kolom komentar.

Halaman:

Editor: Dedy Sudianto

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah