Apa yang Dimaksud dengan Driver Printer? Simak Penjelasannya

- 26 Desember 2023, 22:24 WIB
Ilustrasi: Apa yang dimaksud dengan driver printer
Ilustrasi: Apa yang dimaksud dengan driver printer /

LENSA BANYUMAS- Apa yang dimaksud dengan driver printer? Nah, jika Anda membeli sebuah printer tentu saja sudah langsung dilengkapi dengan driver, baik dalam bentuk CD maupun driver printer. Fungsi utama dari driver sendiri yaitu untuk memaksimalkan kerja printer karena berisikan fitur-fitur khusus yang dibuat dan disesuaikan dengan kecanggihan tipe printer.

Apa yang Dimaksud dengan Driver Printer?

Baca Juga: Cara Instal Printer ke Komputer Melalui Beberapa Opsi

Pada dasarnya, apa yang dimaksud dengan driver printer merupakan sekumpulan program yang khusus digunakan unutk dapat menjalankan fungsi utama printer. Singkatnya menjadi perantara yang menghubungkan antara komputer dan printer. Sehingga jika Anda ingin mencetak sesuatu pada kertas, maka driver yang digunakan pun harus sesuai dengan merk dan tipe printer.

Selain sebagai penghubung, fungsi dari driver ini juga untuk mencegah munculnya masalah-masalah teknis yang mungkin terjadi ketika melakukan printing. Namun semakin majunya jaman, sudah terdapat driver yang terintegrasi melalui berbagai sistem operasi seperti windows dan MacOS. Tampilanya pun sudah cukup baik, bahkan dianggap mampu untuk memudahkan proses printing yang dilakukan berulang kali.

Menariknya, tampilan tersebut juga akan memberikan informasi kepada Anda emngenai kondisi terbaru dari printer Anda. Misalnya kondisi tinta pada printer Anda sedang minim atau bahkan kondisi mesin printer secara keseluruhan.

Lebih lanjut, apabila Anda menggunakan driver printer, maka Anda tidak dapat menggunakan file yang berbeda dengan merek dan tipe printer, sebab pengaturan sistemnya akan bebeda. Meskipun demikian untuk perangkat-perangkat canggih belakangan ini sudah menerapkan adanya pengaturan default. Hal ini dapat mempermudah Anda dalam melakukan proses printing. Perlu dicatat ya bahwa pengaturan default pun masih belum tentu support pada merek dan tipe printer tertentu.

Baca Juga: Apa Itu Dry Cleaning Section dan Laundry dalam Hotel?

Sehingga jika Anda masih menggunakan merek dan tipe printer tertentu maka perlu untuk melakukan cara manual untuk dapat menyambungkan antara printer dan komputer. Misalnya dengan menggunakan kabel usb, cd driver, ataupun mendownloadnya melalui website resmi.

Memang sudah sejak dahulu penggunaan printer identik dengan cd driver bawaan, dimana setiap kali membeli jenis printer tentu saja sudah sepaket dengan cd drivernya. Bukan suatu masalah jika Anda ingin menginstallnya dengan cara demikian meskipun cara ini terbilang kuno dan sedikit ribet, bahkan memungkinkan kegagalan dalam penginstallan.

Halaman:

Editor: Cahyaningtias Purwa Andari

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini