Industri Elektronik Menggeliat, Kemenperin Catat Kenaikan Nilai Ekspornya

- 3 Maret 2021, 12:39 WIB
Industri elektronik tanah air menggeliat.
Industri elektronik tanah air menggeliat. /Twitter/@Kemenperin_RI

LENSA BANYUMAS - Ditengah tekanan dampak pandemi Covid 19, industri elektronik di tanah air tampaknya terus menunjukan tren positif bahkan berhasil mencatatkan kenaikan nilai ekspor dari tahun sebelumnya.

Industri elektronik merupakan salah satu sektor yang mendapat prioritas pengembangan sesuai dengan peta jalan Making Indonesia 4.0.

Bahkan Kementerian Perindustrian terus berupaya fokus untuk memperkuat struktur industrinya agar bisa mendongkrak daya saing hingga kancah global.

Baca Juga: Ini Bocoran Para Pihak Yang Bakal Terlibat Dalam Pilot Project Kendaraan Listrik Kemenperin

'Industri pengolahan mampu mencatatkan nilai ekspor USD131,13 miliar pada Januari-Desember 2020 atau naik 2,95 persen dibanding tahun sebelumnya," cuit twitter @Kemenperin_RI dilansir lensabanyumas.pikiran-rakyat.com, Rabu, 3 Maret 2021.

Kinerja gemilang ini membuat neraca perdagangan sektor manufaktur sepanjang tahun 2020 menjadi surplus sebesar USD14,17 miliar.

Kementerian Perindustrian juga memberikan apresiasi kepada PT.Pampas - Nextron Teknologi Indonesia yang melakukan ekspor kedua kali untuk produk Set Top Box.

Ekspor ke Brasil ini sebanyak empat kontainer atau 40.400 unit senilai USD705.309. Ini menandakan, geliat industri elektronik tanah air meski dalam pandemi Covid 19.

Sementara catatan dari Pusdatin Kemenperin, ekspor Indonesia ke Brasil pada 2019 mencapai USD1 miliar, dan Januari hingga Agustus 2020 nilai ekspor ke Brasil sebesar USD568,48 juta.

Halaman:

Editor: Ady Purwadi

Sumber: Kemenperin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah