Tinggalkan China, Tiga Pabrik Sepatu Jepang Berdiri di Indonesia, Mulai Produksi Januari 2022

- 11 Maret 2021, 09:42 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. /Twitter@Kemenperin_RI

LENSA BANYUMAS - Produsen sepatu asal Jepang membangun tiga pabrik sepatu di Indonesia dan ditargetkan mulai beroperasi tahun depan, Januari 2022.

Ada dua daerah di Jawa tengah yang dipilih untuk pembangunan pabrik sepatu produsen sepatu ASICS yakni Kabupaten Pemalang dan Tegal. Satu lagi pabrik didirikan di wilayah Jawa Barat yakni di Cirebon.

Pembangunan pabrik ini sekarang sedang berjalan, namun untuk pabrik yang di Pemalang, ditargetkan baru akan berproduksi pada Maret 2023 mendatang. 

Baca Juga: Industri Elektronik Menggeliat, Kemenperin Catat Kenaikan Nilai Ekspornya

Dapat dipastikan, pembangunan tiga pabrik sepatu ini bakal menyerap banyak tenaga kerja, setidaknya penyerapan untuk tenaga kerja lokal.

Pembangunan tiga pabrik sepatu produsen asal Jepang ini dikabarkan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kertasasmita setelah ada komitmen dari investor produsen ASICS tersebut.

Dikatakan, tiga pabrik ini sebelumnya berdiri di China dan kemudian semuanya direlokasi ke Indonesia yang artinya semakin menambah daftar jumlah perusahaan Jepang yang berinvestasi di tanah air.

Disamping katanya, relokasi pabrik ini menjadi indikator, kepercayaan investasi global terhadap iklim usaha di Indonesia.

"Adanya relokasi tiga pabrik milik ASICS ke Indonesia ini, menunjukan bahwa kepercayaan investor global terhadap iklim usaha di Indonesia masih tetap tinggi, walaupun ditengah tekanan pandemi COvid 19," tegas Menperin Agus Gumiwang dalam akun twtter@Kemenperin_RI seperti dikutip lensabanyumas.pikiran-rakyat.com, Kamis, 11 Maret 2021.

Halaman:

Editor: Ady Purwadi

Sumber: Twitter@Kemenperin_RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah