Pulihkan Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi, Pramuka Unsoed Dampingi Pengembangan Gropak Wlahar Wetan

- 22 Oktober 2021, 21:27 WIB
Kegiatan bina masyarakat yang dilakukan oleh Racana Soedirman dalam pengembangan Gropak di Desa Wlahar Wetan, Kalibagor, Banyumas. /  Dyah
Kegiatan bina masyarakat yang dilakukan oleh Racana Soedirman dalam pengembangan Gropak di Desa Wlahar Wetan, Kalibagor, Banyumas. / Dyah /

LENSA BANYUMAS -  Pandemi Covid 19 berdampak terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat, salah satunya pada bidang ekonomi.

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) termasuk industri rumahan Gropak yang menjadi salah satu produk unggulan Desa Wlahar Wetan, Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas juga mengalami dampaknya yakni menurunnya daya beli masyarakat.

Pemulihan kondisi ini menjadi perhatian banyak pihak, termasuk Racana Soedirman, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang menjadi wadah pengembangan diri melalui kegiatan kepramukaan.

Baca Juga: BMT Amanah Indonesia Bagikan Masker Dan Sarapan Pagi Gratis di 3 Titik, Pimcab: Kami Ingin Perluas Jaringan

Menurut Dosen Pendamping sekaligus pembina UKM Pramuka Racana Soedirman Dyah Susanti, S.P., M.P. konsep Tri Bina yang melekat dalam kegiatan pembinaan yang dilakukan Racana Soedirman, yaitu bina diri, bina satuan dan bina masyarakat mendorong mahasiswa dari berbagai fakultas itu untuk bergerak, memberikan sumbangsih dalam pemulihan Ekonomi masyarakat.

Program pembinaan berdimensi pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan Racana Soedirman, adalah bina masyarakat.

"Bina masyarakat ini selaras dengan pengembangan pembelajaran yang digalakkan oleh Mendikbud Ristek saat ini, yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka,"kata Dyah kepada Lensa Banyumas-PIKIRAN RAKYAT.com, hari Jumat 22 Oktober 2021.

Kegiatan bina masyarakat yang dilakukan oleh Racana Soedirman, kata Dyah, adalah bina desa, yang tahun ini mendapatkan hibah pendanaan dalam Program Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek setelah melalui seleksi beberapa tahap, menyisihkan proposal dari peguruan-peguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Kegiatan bina masyarakat yang dilakukan oleh Racana Soedirman dalam pengembangan Gropak di Desa Wlahar Wetan, Kalibagor, Banyumas. /  Dyah
Kegiatan bina masyarakat yang dilakukan oleh Racana Soedirman dalam pengembangan Gropak di Desa Wlahar Wetan, Kalibagor, Banyumas. / Dyah

Halaman:

Editor: Rama Prasetyo Winoto

Sumber: Lensa Banyumas


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x