Pengusaha Kecil Terdampak Covid -19, Jangan Risau, Ada Solusi UKM Virtual Expo 2021

- 14 Februari 2021, 21:05 WIB
UKM Virtual Expo (UVO) 2021 ajang pencerahan bagi pelaku UKM di masa pendemi Covid - 19
UKM Virtual Expo (UVO) 2021 ajang pencerahan bagi pelaku UKM di masa pendemi Covid - 19 /Twiter.com/@ganjarpranowo

LENSA BANYUMAS –  Pelaku usaha industri kecil dalam skala UKM (Usaha Kecil Menengah) menjadi sektor yang paling terdampak pendemi Covid -19 khususnya untuk makanan dan minuman. Namun sekarang pelaku UKM makanan dan minuman khususnya di wilayah Jawa tengah bakal dapat pencerahan dengan digelarnya UKM Virtual Expo (UVO) 2021.  Ajang jualan online bagi usaha kecil mandiri ini digelar dua hari pada 16-18 Februari 2021.

Dilansir dari situs resmi Pemprov Jateng seperti diposting kembali di Twiter Gubernur Ganjar Pranowo pada Minggu, 14 Februari 2020,  penyelenggaraan UVO 2021ini mengacu pada kesuksesan ajang yang sama tahun 2020. Kala itu berhasil mengantongi omset hingga Rp4,4 milyar.

Dalam pernyataanya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa tengah Ema Rachmawati membenarkan soal terpuruknya sektor usaha kecil, khususnya bidang makanan dan minuman selama pendemi Covid-19. Data pada pihaknya, selama pendemi Covid-19 ini dari 26.095 UKM sektor makanan dan minuman, yang terdampak sekitar 68,4 persen.

Baca Juga: Gelar Expo, SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas Jaring Siswa Baru

Oleh karenanya, UVO 2021 diharapkan akan menjadi solusi efektif untuk mendongkrak penjualan sektor UKM dalam memperluas jangkauan pasar hingga luar negeri. Ia menyebut, seperti Singapura, Jepang, Hongkong, Qatar, Macau, Irak, Australia, Turki, India hingga negara-negara di Benua Eropa. Menurutnya, selama pendemi Covid-19 ini, dampak yang dirasakan UKM antara lain kesulitan menembus pasar. Otomatis serapan pasar menjadi minim. “Makanya kami berusaha agar produk makanan dan minuman yang diminati masyarakat ini bisa menembus pasar ekspor,” jelas dia.

Gelaran ini juga menggandeng sejumlah pihak terkait untuk mengatasi kendala yang dihadapai pelaku UKM karena regulasi di masa pandemi yang mengakibatkan banyak produk potensial terhambat masuk ke pasar luar negeri. “Kami berencana menjadikan UKM Virtual Expo 2021 ini sebagai agenda rutin setiap dua bulan sekali, tetapi dengan tema yang berbeda. Untuk masyarakat khususnya pelaku UKM dapat mengaksesnya dengan mengunjungi situs www.ukmvirtualexpo.com,” tutur Ema.

Untuk even pertama ini, pihaknya menghadirkan perbincangan Gubernur Ganjar Pranowo, Kepala Kanwil DJPBC Jateng Padmoyo Tri Wikanto, Kepala OJK Regional 3 Jateng DIY Aman Santosa dan Dirut Bank Jateng Supriyanto. Sejumlah artis ibu kota pun dijadwalkan ikut mewarnai seperti komedian Cak Lontong dan artis Happy Asmara.***

Editor: Ady Purwadi

Sumber: Pemprov Jateng


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x