Kabar Gembira, Kemenhub Pastikan Pelabuhan Baru Ambon Segera Terwujud

- 18 Februari 2021, 13:36 WIB
Menhub Budi Karya saat meninjau calon lokasi Pelabuhan Baru Ambon, awal Februari 2021.
Menhub Budi Karya saat meninjau calon lokasi Pelabuhan Baru Ambon, awal Februari 2021. / Twitter@kemenhub151/Twitter@kemenhub151

LENSA BANYUMAS - Potensi ekonomi yang sangat besar dari sektor perikanan di Kota Ambon Provinsi Maluku terus digenjot pemerintah. Dan upaya menggenjot potensi ini akan dilakukan Kementerian Perhubungan dengan rencana mewujudkan pelabuhan baru. Pada awal Februari 2021 lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono didampingi Kepala BKPM Bahlil Lahadalia sudah menyempatkan berkunjung ke calon lokasi pembangunan Pelabuhan. Ini menandakan, jika rencana tersebut segera terwujud. Rencana berikutnya, Pelabuhan baru itu bakal diintegrasikan dengan Pelabuhan Perikanan yang sudah ada.

Bahkan kunjungan lanjutan sudah dilakukan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan pada Rabu, 17 Februari 2021 seperti dilansir lensabanyumas.pikiran-rakyat,com dari akun twitter@kemenhub151. Sekjen Kemenhub meninjau langsung lokasi untuk segera merealisasikan pembangunan pelabuhan baru Kota Ambon.

Semangat pembangunan infrastruktur pelabuhan di Kota Ambon turut mendasari penegasan Presiden Jokowi bahwa pelabuhan yang merangkap sebagai lumbung ikan harus segera dikerjakan. Dan daerah Tulehu Ambon, dinilai menjadi salah satu alternatif tempat yang potensial untuk lokasi berdirinya pembangunan pelabuhan baru. Itu karena, kondisi perairan yang tenang ditunjang dengan kedalaman air yang sesuai.

Baca Juga: Bangkit Lagi Atasi Dampak Covid-19, Program Mitra Bahari Kementerian Kelautan dan Perikanan

Sesuai rencana, pada tahap awal pembangunan pelabuhan baru di Kota Ambon akan dibiayai oleh APBN dan untuk pembangunan selanjutnya menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Rencana ini juga disambut antusias oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Gubernur Maluku Murad Ismail yang sebelumnya ikut mendampingi peninjauan lokasi Bersama Menteri Perhubungan. “Kementerian Perhubungan akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur transportasi di tengan pendemi COvid -19 ini, untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi,” cuit twitter@kemenhub151.***

Editor: Ady Purwadi

Sumber: Twitter@kemenhub151


Tags

Artikel Pilihan

Terkini