Noken Bukti Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Peningkatan Ekonomi

- 22 Mei 2021, 11:37 WIB
Noken merupakan tas anyaman dan rajutan dari tumbuhan serat merupakan salah satu bukti Keanekaragaman Hayati./ wanaswara.com
Noken merupakan tas anyaman dan rajutan dari tumbuhan serat merupakan salah satu bukti Keanekaragaman Hayati./ wanaswara.com /

LENSA BANYUMAS - Seringkali kita memandang keanekaragaman hayati hanya sebatas keragaman spesies tumbuhan dan satwa yang hidup di Bumi ini, namun ternyata keanekaragaman hayati lebih dari itu.

Berdasarkan Convention on Biological Diversity, keanekaragaman hayati adalah keragaman seluruh organisme hidup yang ada di Bumi, baik di darat maupun di perairan, serta seluruh kompleksitasnya, di mana terbagi menjadi tiga tingkat, yakni keragaman ekosistem, keragaman spesies, hingga keragaman genetik.

Selain keberagaman pada tingkat ekosistem dan spesies yang penting guna menjaga keseimbangan rantai kehidupan di Bumi, pada tingkat genetik, keberagaman diperlukan guna menjaga kualitas generasi setiap individu dan memastikan keberlanjutan generasi mendatang.

Baca Juga: Cek Saldo dan Tarik Tunai Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN di ATM Link Kena Biaya

Dalam kehidupan manusia sendiri, selain berperan dalam konteks biologis, keragaman genetik juga berperan besar terhadap keberadaan berbagai etnis dan suku bangsa yang ada, serta tumbuhnya keragaman budaya.

Kekayaan budaya hingga berbagai produk dan karya yang lahir dari budaya kita yang kaya, sangatlah erat hubungannya dengan keanekaragaman hayati pada tingkat genetik.

Salah satu contoh kecil yang mencerminkan hal tersebut adalah adanya keragaman noken di beberapa wilayah di Papua.

Noken merupakan tas anyaman dan rajutan dari tumbuhan serat telah ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational Scientific and Cultural Organization) sebagai salah satu warisan dunia sejak 2014 silam. 

Penetapan ini memberikan kebanggaan tersendiri terhadap pengakuan identitas budaya orang Papua sekaligus tanggung jawab untuk mempertahankan keberadaannya. 

Halaman:

Editor: Rama Prasetyo Winoto

Sumber: wanaswara.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x