Apakah Uang Bisa Membeli Kebahagiaan, Ini Faktanya

- 4 Februari 2022, 13:00 WIB
Ilustrasi uang bisa membeli kebahagiaan
Ilustrasi uang bisa membeli kebahagiaan /Pixabay.com/

LENSA BANYUMAS - Uang bisa membeli kebahagiaan. Demikian hasil penelitian ahli, terkait anggapan yang selama ini populer 'Uang bukan segalanya, tapi kalau mau bahagia butuh uang'.

Kalimat soal uang dan kebahagiaan itu, tentu sudah tidak asing lagi didengar. Perdebatan mengenai uang sebagai sumber kebahagiaan, memang tidak ada habisnya. Ada kelompok yang berpegang teguh bahwa uang bukan segalanya. Namun, ada juga kaum realistis yang beranggapan bahwa uang bisa membeli kebahagiaan. Terus mana yang benar?

Dirangkum dari Instagram @ngomonginuang, faktanya dari hasil penelitian yang sudah dilakukan uang memang bisa membeli kebahagiaan, lho.

Baca Juga: Butuh Uang Mendadak Saat Sedang Terpuruk, Ini Amalan Mustajabnya

Banyak yang bilang bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan, dan ada juga yang sepakat dengan statement itu. Mungkin beberapa dari kalian juga pernah berpikir, bahwa orang kaya tidak pasti lebih bahagia dari pada orang miskin.

Semua itu terbantahkan dengan penelitian yang dilakukan di Princeton University yang menunjukkan hal sebaliknya. Seorang ekonom, Angus Deaton dan Psikolog Daniel Kahneman melakukan survey terhadap 450.000 orang di Amerika.

Dari survey tersebut menunjukkan, bahwa pendapatan yang besar memiliki korelasi dengan kebahagiaan seseorang. Efek pendapatan ini baru tidak relevan dengan seseorang yang memiliki pendapatan Rp 1 Miliar per tahunnya.

Baca Juga: Aplikasi Twinkling Penghasil Uang? Cek Faktanya!

Tak hanya itu, bahkan studi yang dilakukan pada 2020 oleh Matthew Killingsworth dari University of Pennsylvania menunjukkan hal serupa. Kebahagiaan dapat dibeli dengan uang.

Halaman:

Editor: Dedy Sudianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x