Wujudkan Ketahanan Pangan, Guru Besar Fapet Unpad Sebut Kuncinya Agroekosistem Perlu Dikembangkan

- 14 Februari 2022, 18:42 WIB
Wujudkan Ketahanan Pangan, Guru Besar Fapet Unpad Sebut Kuncinya Agroekosistem Perlu Dikembangkan./  ilustrasi /freepik / @vectorjuice
Wujudkan Ketahanan Pangan, Guru Besar Fapet Unpad Sebut Kuncinya Agroekosistem Perlu Dikembangkan./ ilustrasi /freepik / @vectorjuice /

LENSA BANYUMAS - Untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia, salah satu kuncinya yaitu agroekosistem atau ekosistem pertanian perlu dikembangkan.

Pengembangan kawasan dengan agroekosistem harus diperkuat dan diperbanyak, karena Indonesia ini diberkahi keragaman varietas tanaman yang luar biasa dan mampu menghasilkan beragam bahan pangan.

Hal itu dikatakan Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran Prof Ir Dedi Ruswandi menanggapi program ketahanan pangan Indonesia.

“Indonesia dapat dijadikan sentra produksi pertanian untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan dunia,” kata Prof Ir Dedi Ruswandi dilansir Lensa Banyumas.Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi Universitas Padjajaran, Senin 14 Februari 2022.

Baca Juga: Ingin Dirikan Startup Hijau? Ini 5 Cara agar Dapat Dana dari Investor

Menurutnya, agroekosistem di Indonesia dinilai memiliki keunggulan dibandingkan negara lainnya.

Dari sisi geografis, Indonesia terletak di negara tropis sehingga dianugerahi sinar matahari yang cukup bagi fotosinetis tumbuhan dan didukung dengan tanah yang subur karena memiliki rangkaian gunung berapi yang memanjang.

Sumber air di Indonesia pun sangat cukup untuk pertanian, mulai dari hujan, mata air, sungai, danau, hingga rawa.

Selain itu, keragaman tanaman, serangga, dan burung memungkinkan produktivitas tanaman pertanian menjadi tinggi.

Halaman:

Editor: Rama Prasetyo Winoto

Sumber: Universitas Padjajaran (Unpad)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x