Membangkitkan Ekonomi Berbasis Pariwisata Ditengah Pandemi Covid-19, Dinilai Bukan Pekerjaan Mudah

- 2 Agustus 2020, 20:02 WIB
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo. Antara
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo. Antara /

Lensa Banyumas- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan, membangkitkan ekonomi berbasis pariwisata ditengah situasi pandemi Covid-19 bukanlah pekerjaan yang mudah.

Karena masyarakat masih takut dengan Covid-19, meski ada juga yang rindu ingin berwisata. Dia mendorong pelaku usaha di Bali, khususnya kerajinan, untuk segera melakukan digitalisasi produk guna memperluas pemasaran selama wabah Covid-19.

Dia yang juga Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) itu mengharapkan, pengusaha kerajinan semestinya saat ini tidak hanya mengandalkan berjualan secara konvensional dengan memajang hasil usahanya di pinggir jalan saja.

Baca Juga: Ini Komitmen Presiden Jokowi di Tengah Prediksi Pertumbuhan Ekonomi yang Berubah-berubah Dinamis

Baca Juga: Diperlukan Penyesuaian Tata Kelola dalam Transformasi Pasar Digital di Era Pandemi Covid-19

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan I 2020 minus 1,14 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Akomodasi makanan dan minuman mengalami dampak yang buruk dengan minus 9,11 persen, industri pengolahan minus 7,95 persen, transportasi pergudangan minus 6,21 persen, konsumsi lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga (LNPRT) minus 4,67 persen, dan hanya ekspor yang masih tumbuh 21,87 persen.

"Masih tumbuhnya ekspor luar negeri menjadi pertanda bahwa Bali tak dilupakan dunia. Ini menjadi peluang dan pertanda bagi para pelaku usaha kerajinan untuk mendigitalisasi usaha mereka guna memperluas pangsa pasar ekspor," tuturnya dikutip lensabanyumas.com dari Antara.

Baca Juga: Bupati Banyumas Ingin Seluruh UMKM Terus Bangkit, Bantu Atasi Pengangguran Dampak Pandemi Covid-19

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Rohman

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x