Tambah Penghasilan Dimasa Covid, Warga Wangon Bikin Bata Sampah

- 10 Juni 2021, 10:19 WIB
Pembuat sampah di Desa Wangon, Banyumas
Pembuat sampah di Desa Wangon, Banyumas /Kharisma Muhammadiyah/

LENSA BANYUMAS - Masa pandemi Covid19 yang belum juga usai tidak serta merta melemahkan masyarakat untuk tetap berkarya menata ketahanan ekonomi. Salah satunya adalah inovasi pemerintah desa Wangon dan Satgas Covid19 setempat dengan memanfaatkan sampah menjadi bahan baku batako.

Tidak percuma, warga puluhan warga Wangon bahkan kini membentuk satu kelompok dan tempat untuk memproduksi. Selain pria, uniknya justru didominasi Ibu ibu dalam pembuatan batako sampah. Dalam kegiatannya pun warga tetap berpedoman pada protokol kesehatan seperti menggunakan masker.

Jamaludin Ramlan yang ikut membuat batako dari bahan sampah tersebut saat ditemui, Kamis pagi (10/6/2021) menjelaskan, dirinya harus berpikir keras agar bisa bertahan hidup dan meningkatkan ekonomi keluarga di masa Pandemi Covid19 dan tidak selalu berharap bantuan dari pemerintah saja.

Baca Juga: Punya Sampah Dirumah? Tips Dari Seorang Pegawai Asuransi Ini Boleh Dicoba.

Bertahan dimasa Pandemi Covid19, Pemdes Wangon ajak warga produksi bata sampah untuk ketahanan ekonomi
Bertahan dimasa Pandemi Covid19, Pemdes Wangon ajak warga produksi bata sampah untuk ketahanan ekonomi

"Saya bersama warga lain yang didukung oleh pemerintah desa Wangon melalui Satgas Covid19 berupaya menambah penghasilan dari sampah untuk bahan baku batako, alhasil telah dapat pesanan untuk pembuatan tempat posko linmas,"katanya.

Menurutnya, walau harganya lebih murah dari bata merah namun sampah sebagai bahan bakunya memanfaatkan sampah rumahan dan ditambah gratis dari hanggar sampah yang ada di desa.

Sementara kepala desa Wangon, Supriyadi mengatakan gagasan pengolahan sampah menjadi nilai ekonomi dimasa Pandemi Covid19 setelah banyaknya sampah disekitar rumah warga.

Baca Juga: Pemdes Wangon Kembangkan Sampah Jadi Material Bangunan, Dr. Jamaludin Ramlan : Inilah Program Desa Sehat.

Kelompok warga Wangon saat membuat bata sampah
Kelompok warga Wangon saat membuat bata sampah

Halaman:

Editor: Cokie Sutrisno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x