Ini Daftar Tol Gratis untuk Lebaran 2024, Cek Jadwal Selengkapnya Berikut!

- 11 April 2024, 00:13 WIB
Ilustrasi: Tol Cikampek
Ilustrasi: Tol Cikampek /antaranews.com/

LENSA BANYUMAS- Arus balik lebaran 2024 perlu Anda persiapkan dari berbagai segi. Bukan hanya mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraan yang digunakan, namun juga mengetahui jalur-jalur tol yang hendak dilalui.

Dalam hal ini, pemerintah meniadakan biaya untuk sebagian tol yang diprediksi akan ramai dilalui pemudik yang balik. Diperkirakan 8 tol gratis akan dioperasikan sepanjang lebaran dan juga libur lebaran. Namun, Anda tidak bisa menggunakan jalur tol fungsional ini selama 24 jam non-stop.

Sebab, tol hanya akan difungsikan pada pagi pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB. Sementara malam hari, ruas tol tersebut ditutup.

Salah satu tol fungsional yang dibuka gratis saat libur lebaran 2024, yaitu Jakarta -Cikampek II Selatan sepanjang 61,8 km. Namun, pada musim lebaran jalan tol ini hanya beroperasi one way.

Baca Juga: Lewat Jalur Tol Ini, Bisa Dapatkan Diskon 20 Persen untuk Arus Balik Lebaran 2024

Sehingga, yang akan dominan digunakan ketika arus balik, yaitu Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan Paket 3, yang akan dilakukan uji coba fungsional saat mudik Lebaran sesuai diskresi Kepolisian sepanjang 8,5 km, dari Sadang menuju Kutanegara.

Selanjutnya, salah satu tol fungsional yang akan dibuka adalah Jalan Tol Solo -Yogyakarta - YIA Kulonprogo (Jogja - Solo) seksi Colomadu - Klaten dengan panjang 22,3 km.

Jalur fungsional Tol Colomadu - Klaten akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom -Boyolali, lalu ke Jalan Nasional Yogya-Solo. Jalur fungsional ini akan beroperasi pada pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB pada periode arus mudik (5 - 11 April 2024) dan periode arus balik (12 - 15 April 2024), serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus.

Baca Juga: Cek Jadwal Lengkap Arus Balik Lebaran 2024: One Way, Contra Flow, dan Ganjil Genap

Halaman:

Editor: Cahyaningtias Purwa Andari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini